BAGIKAN
JESHOOTScom

Setiap dua tahun, National Science Foundation diminta untuk memberi tahu presidennya bagaimana AS melakukan hal yang berkaitan dengan sains dan teknik.

“Ketika ekonomi di seluruh dunia tumbuh semakin intensif oleh pengetahuan dan saling tergantung, kapasitas untuk inovasi menjadi semakin penting,” kata NSF dalam laporan terbarunya , berjudul “Science & Engineering Indicators 2018.”

Berita itu OK, tapi tidak bagus. Orang Amerika semakin tertarik pada masalah lingkungan, kata laporan itu, dan relatif terhadap tahun-tahun sebelumnya, mereka mengekspresikan lebih banyak perhatian tentang perubahan iklim dan peran manusia di dalamnya. Mereka juga lebih mempercayai para ilmuwan daripada peran di institusi lain selain dari militer.

Tetapi AS tertinggal di belakang lusinan negara di tingkat pemberian gelar sarjana dan lanjutan dalam sains, teknologi, matematika, atau teknik.

Publik Amerika juga tidak melakukan jauh lebih baik pada 10 pertanyaan sederhana yang diminta NSF untuk menguji pemahaman publik tentang sains.




Pertanyaan 1.

Benar atau salah? Inti Bumi sangat panas.
Jawaban yang benar…
Benar. Para ilmuwan memperkirakan bahwa inti Bumi lebih dari 5538 derajat Celcius – suhu yang hampir ditemukan di permukaan Matahari.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 2:

Benar atau salah? Benua telah berpindah lokasi selama jutaan tahun dan akan terus bergerak.
Jawaban yang benar…
Benar. Lempeng tektonik adalah ilmu tentang bagaimana lempengan kerak benua membentuk lapisan terluar Bumi dan secara konstan bergerak dan beregenerasi.
Sebagian besar bergerak kurang dari beberapa inci per tahun, menurut Pacific Seismic Network Pasifik, meskipun prosesnya mungkin penting untuk membuat planet berbatu dapat dihuni kehidupan.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 3:

Yang mana yang benar? A. Bumi mengelilingi Matahari. atau B. Matahari mengelilingi Bumi.
Jawaban yang benar…
A. Kita mengetahuinya sejak pengetahuan tingkat dasar karena kita dapat melihat posisi bintang berubah seiring waktu. Era luar angkasa juga mengharuskan kita untuk memahami fakta ini secara mendalam – dan mengakui keberadaan kita yang lemah dalam kosmos melalui gambar-gambar Bumi yang menakjubkan dari jauh.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 4:

Benar  atau Salah? Semua radioaktivitas adalah buatan manusia .
Jawaban yang benar…
Salah. Radiasi alami ada di mana-mana, terutama di ruang angkasa. Jumlah yang kecil terdapat di tanah, air, dan tumbuh-tumbuhan. Bahkan sebagian dari potasium yang ditemukan dalam pisang bersifat radioaktif.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 5:

Benar atau Salah? Elektron lebih kecil dari atom.
Jawaban yang benar…
Benar. Elektron jauh lebih kecil daripada proton dan neutron yang membentuk inti atom.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:



Pertanyaan 6:

Benar atau salah? Laser bekerja dengan memfokuskan gelombang suara.
Jawaban yang benar…
Salah. Laser memusatkan gelombang cahaya, bukan gelombang suara.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 7:

Benar atau salah? Alam semesta dimulai dengan sebuah ledakan besar.
Jawaban yang benar…
Benar (dengan sebuah peringatan). Ini adalah teori terbaik yang kita miliki hingga saat ini tentang bagaimana alam semesta dimulai: titik kepadatan tak terbatas di awal alam semesta mulai meluas dan menciptakan galaksi, planet, dan bintang yang kita lihat – masih bergerak – hari ini.
Orang menyebutnya sebagai “Big Bang,” meskipun secara teknis itu bukanlah suatu ledakan.
“Agar ledakan terjadi, ia membutuhkan ruangan yang ada dan material yang akan didistribusikan atau tersebar di ruangan tersebut. Sebagai contoh, sebuah bintang meledak dan mendistribusikan materi di ruang angkasa,” Nabin Rijal, seorang mahasiswa PhD di astrofisika nuklir Florida State Universitas, menulis dalam email kepada Business Insider.
“Big Bang sangat berbeda dengan itu. Big Bang adalah perluasan dari ruang itu sendiri. Material (partikel dasar-antipartikel) diciptakan dalam proses ekspansi. […] Jadi, menyebutnya sebagai ledakan adalah tidak tepat.”
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 8:

Benar atau salah? gen dari ayah yang akan memutuskan apakah bayi menjadi laki-laki atau perempuan.
Jawaban yang benar…
Benar. Jenis kelamin ditentukan oleh dua kromosom, dan sperma membawa salah satunya: kromosom X (wanita) atau kromosom Y (pria). Sperma mana pun yang membuatnya ke dalam telur terlebih dahulu untuk bergabung dengan kromosom X di dalam sel telur induk menentukan jenis kelamin bayi.
(XX adalah seorang gadis dan XY adalah laki-laki, secara anatomis.)
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

Pertanyaan 9:

Benar atau salah? Antibiotik membunuh virus dan juga bakteri.
Jawaban yang benar…
Salah. Antibiotik hanya membunuh bakteri, bukan virus.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:

content-1527522505-q9.jpg

Pertanyaan 10:

Benar atau salah? Manusia, seperti yang kita kenal sekarang, berkembang dari spesies hewan sebelumnya.
Jawaban yang benar…
Benar. Fosil di tanah, studi genetik, dan penelitian lain selama seabad yang lalu telah menunjukkan berulang kali bahwa evolusi tidak hanya memunculkan spesies seperti manusia, tetapi akan terus membentuk bentuk-bentuk keturunan kita.
Bagaimana AS dan negara lain melakukannya:
Berikut ini bagaimana 11 negara melakukan seluruh pertanyaan sains:

Negara-negara yang tidak mengajukan pertanyaan tertentu atau melaporkan data pada mereka (yaitu “N / A”) memiliki item-item yang dikecualikan dari rata-rata keseluruhannya, yang ditampilkan di sini.

Dari yang terbaik hingga terburuk, peringkat untuk 2018 adalah: Kanada, Israel, Uni Eropa, Korea Selatan, AS, Swiss, Jepang, Malaysia, India, China, dan Rusia.

AS secara efektif mendapat D-rata-rata sementara negara teratas, Kanada, mendapat C-.