BAGIKAN

Kolom adalah elemen utama dalam struktur beton bertulang dan keamanan dan stabilitas struktur sangat bergantung padanya.

Biaya kolom per meter sebanding dengan per MPa dari daya dukung muatan secara substansial bervariasi karena beberapa faktor, misalnya lokasi kolom pada struktur (kolom eksterior dan kolom dalam) dan konfigurasi beban yang dikenakan pada kolom dan lainnya

Namun, ada sejumlah rekomendasi dan ukuran dimana kolom beton bertulang efektif dapat dirancang dan dibangun. Rekomendasi ini akan dibahas pada bagian berikut.

Konstruksi Kolom Beton Bertulang

Rekomendasi untuk Desain Ekonomis Kolom Beton Bertulang

Rekomendasi yang diberikan untuk desain beton kolom beton bertulang adalah sebagai berikut:

  • Kekuatan beton yang digunakan untuk kolom beton bertulang
  • Bekisting digunakan untuk pengecoran kolom beton bertulang
  • Baja penguat (rebar) yang digunakan dalam konstruksi kolom beton bertulang
  • Rincian penguatan kolom beton

1. Kekuatan Beton untuk Kolom Beton Bertulang

Rekomendasi berharga yang diberikan mengenai kekuatan beton adalah penggunaan kekuatan tekan beton maksimum yang dibutuhkan untuk membawa faktor beban dan rasio penguat terendah yang diperbolehkan. Hal ini karena harga terendah akan tercapai jika ukuran tersebut dipraktekkan karena biaya penguatan berkurang.

Dikatakan bahwa, penggunaan rasio penguatan minimum untuk kolom tertentu akan mengurangi biaya kolom total secara signifikan (sekitar 32% untuk kekuatan beton 56MPa dan 57% untuk kekuatan beton 100MPa) dibandingkan dengan kasus dimana rasio penguatan maksimum digunakan.

Ukuran kolom terkecil dalam struktur bertingkat ditentukan berdasarkan kekuatan tekan beton maksimum dan batas pada rasio penguatan maksimum.

Jika ukuran kolom lebih kecil dari ukuran minimum yang diijinkan pada basis struktur, maka rasio penguatan bisa dikurangi.

Akhirnya, kedua rasio penguatan dan kekuatan tekan beton dapat diturunkan karena penurunan bobot faktor yang dipaksakan di lantai atas.

Dimensi dan Penekanan Kolom

2. Bekisting yang Digunakan untuk Kolom Beton Bertulang Diperkuat

Dianjurkan untuk menggunakan ukuran dan bentuk yang sama untuk kolom beton bertulang untuk semua lantai dan dari pijakan ke atap.

Strategi ini tidak hanya memungkinkan konstruksi sejumlah besar kolom (produksi massal) tetapi juga pembagian kolom dapat digunakan kembali.

Orang mungkin berpendapat bahwa, dengan menggunakan ukuran yang sama untuk semua kolom akan menghasilkan penggunaan sejumlah besar beton tambahan dan karenanya tidak ekonomis.

Namun, terbukti, penghematan yang diraih dari biaya bekisting dan konstruksi cepat akan jauh lebih besar daripada biaya bahan tambahan yang digunakan untuk kolom lantai yang lebih rendah di atas. Ditambah lagi, strategi ini diklaim bisa diterapkan untuk ketinggian bangunan maksimum 188.2m

 

Ukuran dan bentuk yang sama dari kolom yang digunakan dalam pembangunan gedung multi lantai

3. Baja penguat (rebar) yang digunakan dalam Konstruksi Kolom Beton Bertulang

Disarankan untuk melakukan perbandingan biaya antara berbagai kombinasi kekuatan tekan beton dan kekuatan luluh baja untuk menentukan kombinasi yang memberikan biaya terendah.

Dilaporkan bahwa, penggunaan beton dengan kekuatan tinggi dengan kekuatan hasil 520MPa membutuhkan biaya terendah.

Langkah lain untuk menurunkan biaya bala bantuan adalah dengan memanfaatkan ikatan minimum tanpa melanggar spesifikasi kode.

Persyaratan ikatan minimum akan tercapai jika batang baja longitudinal dipasang di setiap sudut kolom.

Jika persyaratan ikatan minimum direalisasikan, maka tidak perlu menggunakan ikatan interior.

Konsekuensinya, tidak hanya beton dengan kemerosotan rendah dituangkan dan dipadatkan dengan baik namun juga waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk memasang penguatan kolom akan berkurang

Disarankan untuk melakukan perbandingan biaya antara berbagai kombinasi kekuatan tekan beton dan kekuatan luluh baja untuk menentukan kombinasi yang memberikan biaya terendah.

4. Detailing Penguatan Kolom Beton

Hal ini dimungkinkan untuk melakukan penghematan dalam splices hanya dikenakan kompresi (dengan kata lain, ujung bearing disambung secara mekanis). Selain itu, disarankan untuk menggunakan staggering untuk membuat bantalan akhir mekanis agar dapat menahan sejumlah pembengkokan tertentu.

Kompresi Sambungan Mekanis

Umumnya, perkerasan tarik batang baja dengan ukuran 32mm diperlukan untuk dipekerjakan jika kolom dikenakan gaya bending yang besar. Dalam hal ini, dianjurkan untuk menggunakan sambungan mekanis karena lebih ekonomis.

Namun, jika ukuran bar lebih kecil dari 32mm, maka lebih ekonomis untuk mempertimbangkan putaran sambungan daripada sambungan mekanis


 

VIAaum
SUMBERtheconstructor
BAGIKAN