BAGIKAN

Sebelum memulai perbaikan kolom beton, beberapa hal harus diketahui terlebih dahulu: beban mati aksial, beban aktif aksial, beban horisontal dan momen yang terkait harus diketahui.

Perbaikan kolom beton dapat dibagi menjadi dua kategori. Permukaan atau perbaikan kosmetik hanya mencakup kerusakan lokal dan perbaikan struktural mengembalikan atau memperkuat kolom yang terkena dampak. Jika kerusakan tidak mengurangi penampang secara signifikan, perbaikan beton konvensional dapat berhasil digunakan.

  • Metode Perbaikan Kolom Beton untuk Kerusakan dan Keretakan
  • Kolom dapat diperbaiki dengan menggunakan satu atau beberapa metode berikut:
  • Pembesaran atau pembesaran penampang kolom (jacketing).
  • Proteksi katodik untuk menghentikan penguat korosi baja.
  • Re-alkaliasi baja penguat untuk menghentikan korosi.
  • Ekstraksi klorida untuk menghambat korosi baja tulangan.
  • Pengurungan menggunakan pelat baja, karbon, atau bahan serat kaca.
  • Penambahan kerah geser untuk meningkatkan kapasitas geser lantai menengah.
  • Penambahan pelat pelat baja untuk meningkatkan kapasitas momen.
  • Kolom tambahan
  • Penerapan sistem proteksi untuk mencegah korosi di masa depan.

Parameter berikut penting untuk desain dan pelaksanaan perbaikan kolom:

Membongkar kolom

Dalam kasus di mana kerusakan kolom signifikan, membongkar kolom biasanya diperlukan sehingga keseluruhan penampang kolom diperbaiki mampu membawa beban desain yang diperkenalkan kembali. Tanpa pembongkaran ini, perbaikan baru akan sulit membawa beban apapun.

Pengeringan penyusutan dari material baru dapat mengurangi bagian beban ini lebih jauh. Sayangnya, bisa jadi sulit dan mahal untuk membongkar kolom, terutama di bangunan bertingkat tinggi. Jika beban yang ada pada kolom tidak dilepas sebelum diperbaiki, sebuah jaket hanya akan memberikan kurungan pada kolom yang ada. Persentase beban langsung yang diambil jaket akan sangat kecil (kurang dari 25 persen kekuatan jaket).

Jika tidak memungkinkan untuk menghapus beban dari kolom, maka sistem kolom tambahan dapat memberikan metode pendukung alternatif dalam kombinasi dengan perbaikan kolom yang ada.

Redistribusi Beban

Dalam kasus korosi dari penguatan dan kerusakan beton yang signifikan, beban didistribusikan kembali ke dalam struktur sebelum diperbaiki ke pola baru yang harus dipertimbangkan saat merancang perbaikan. Bahkan beberapa bagian yang berdampingan mungkin telah terpengaruh oleh redistribusi ini.

Tambahan Reinforcing Steel

Pengikat kolom biasanya tidak dapat terganggu selama perbaikan karena dapat menyebabkan penekukan pada batang longitudinal. Oleh karena itu, batang vertikal tambahan dapat ditempatkan di luar kandang asli dengan ikatan ekstra. Bila batang tambahan ditempatkan di luar pengikat, dimensi kolom harus ditingkatkan untuk memberikan penutup yang memadai. Pengikat hairpin, biasanya terbuat dari baja stainless, digunakan untuk memberi dukungan lateral pada bar tambahan.

Penghapusan Beton

Penghapusan beton di dalam bagan kolom hanya boleh dilakukan jika kolom dibongkar. Jika tidak, batang memanjang bisa terjadi gesekan dan kegagalan kompresi kolom mungkin terjadi.

Baja Penguat Berkarat

Hal ini tidak perlu untuk menghilangkan batang penguat yang terkorosi dengan luas penampang yang dikurangi jika kehilangan dilengkapi dengan batang penguat tambahan. Panjang putaran sambungan semacam itu harus disediakan sesuai dengan daerah yang hilang akibat korosi pada kedua sisi bagian korosi dari batang penguat yang dilengkapi.

Batang penguat yang terkorosi sebagian tertinggal di tempat harus dibersihkan seluruhnya dengan sandblasting untuk mendapatkan logam yang bersih. Batang dengan korosi yang berlebihan harus diganti dengan penguatan baru yang memiliki putaran penuh di kedua sisi.

Pengikat Berkarat

Pengikat yang terkorosi bisa diganti dengan menambahkan ikatan penjepit baja stainless yang menempel pada beton. Hal ini sering diperlukan untuk deposit bahan tambahan di sekitar kolom untuk memberikan perlindungan yang memadai pada ikatan tambahan.

Kekuatan rendah Beton

Dimana kekuatan betonnya rendah, sehingga kapasitas muat tidak mencukupi, beberapa alternatif tersedia:

  • Singkirkan Kolom dan lepaskan lalu ganti beton di tempat.
  • Ukur kolom dan tingkatkan ukuran kolom untuk mengurangi tegangan bending, dan untuk meningkatkan kurungan pada beton lemah yang sudah ditempatkan.
  • Bungkus kolom dengan karbon – atau kaca- penguat plastik
  • Pasang kolom tambahan.