BAGIKAN

Jika burung meninggalkan jejak di langit, seperti apa penampilan mereka? Selama bertahun-tahun fotografer Barcelona Xavi Bou telah tergoda oleh pertanyaan ini. Sama seperti ‘kesan berdarah’ yang muncul saat seekor ular meluncur melintasi pasir, dia membayangkan, jadi pasti ada bentuk pola tertinggal di belakang seekor burung yang terbang.

Tapi tentu saja burung yang sedang dalam penerbangannya tidak meninggalkan jejak -setidaknya tidak terlihat dengan mata telanjang. Bou, sekarang berusia 38 tahun, menghabiskan lima tahun terakhir ini untuk menangkap kontur yang sulit dipahami yang ditarik oleh burung yang sedang bergerak, atau, seperti yang dia katakan, “untuk membuat terlihat yang tak terlihat.”

Pertama, dia harus melepaskan peran sebagai pengamat belaka. “Seperti naturalis, saya biasa berkeliling dunia melihat satwa liar,” katanya. Dia mulai mengeksplorasi teknik fotografi yang memungkinkan dia mengekspresikan cintanya pada alam dan menunjukkan keindahan burung dengan cara yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

Dengan menampilkan seolah seekor ular yang sedang terbang, seekor burung meluncur di atas pepohonan tempat kormoran besar bertengger. Tanah basah yang kaya akan satwa liar di Estany d’Ivars, Vila-Sana, Spanyol, dikeringkan sekitar tahun 1950 untuk pertanian dan dipulihkan pada tahun 2005.
“Di musim dingin, kawanan Jalak berkumpul dalam kelompok besar,” kata Bou, yang mengambil foto ini di desa agraria Arbeca, Spanyol. “Burung Jalak sering memilih kota dan daerah pertanian, tempat makanan mereka berlimpah.”
Di teluk yang tenang di utara Delta Sungai Ebro Spanyol di pantai Laut Tengah, sekawanan flamingo lebih besar saling siluet di air, sementara burung Camar Herring Eropa terbang di atas kepalanya.
Dekat desa nelayan Roses, Spanyol, kawanan burung Camar membentuk sebuah lukisan.

Akhirnya dia memilih bekerja dengan kamera video, dimana dia mengambil foto beresolusi tinggi. Setelah dia memfilmkan burung-burung yang bergerak, Bou memilih bagian dari rekaman dan melapisi bingkai individu menjadi satu gambar. Dia menemukan proses yang serupa dengan film yang sedang berkembang: Dia tidak tahu sebelumnya seperti apa hasil akhirnya. Ada yang ajaib kedua, katanya, saat gambar -chimerical dan surealis- mulai muncul.

Sebelum Bou memulai proyek ini, yang dia sebut “Ornitografías”, dia mendapatkan gelar geologi dan fotografi di Barcelona, ​​kemudian bekerja sebagai teknisi pencahayaan di industri fesyen dan juga memiliki studio postproduction. Pekerjaan saat ini, katanya, menggabungkan gairah dan profesinya. “Ini teknis, menantang, artistik, dan alami. Ini adalah hubungan antara fotografi dan alam yang saya cari. ”

Pada balapan merpati internasional Barcelona, ​​burung merpati mengembara saat mereka dilepaskan dari kandang yang ditumpuk di dalam truk-truk besar.
Di waduk Utxesa di Spanyol, CBurung hough yang mengungkapkan pola penerbangan melingkar kawanannya
Sekelompok Buntings Jagung terbang menjauh dari pohon di rawa garam Laguna de Gallocanta di Spanyol.
Lapisan utara terbang di atas ladang di Catalonia, di Spanyol, tempat burung-burung berkunjung setiap musim dingin.
Sekelompok anjing arktik menyelam untuk ikan herring sementara dua anjing betina Arktik (diwakili oleh gelap “7” di tengah dan bentuk horisontal gelap terpotong di sebelah kiri) mencoba mencuri ikan itu di Jökulsárlón, danau glasial