Beranda Edukasi Mengenal Nitrogen Dioksida (NO2) di Atmosfer Kita

Mengenal Nitrogen Dioksida (NO2) di Atmosfer Kita

3670
BAGIKAN
Clker/pixabay

Sebuah berita mengabarkan bahwa pemerintah AS berencana untuk menggunakan gas Nitrogen untuk mengeksekusi para tahanan terpidana hukuman mati, karena negara-negara bagian berjuang untuk menemukan alternatif dari persediaan obat suntik mati yang semakin berkurang.

Tapi, bukankah udara yang berada disekitar kita terdiri dari 78% gas Nitrogen namun tidak membuat kita merasa tercekik? Nitogen akan mematikan jika dihirup tidak bersamaan dengan Oksigen sama sekali. Sebuah metoda Hipoksia Nitrogen pernah digunakan di manapun di dunia ini untuk mengeksekusi seseorang. Lalu seberapa besar efek yang ditimbulkan oleh Nitrogen terhadap kehidupan mengingat jumlahnya yang paling berlimpah.



Seringnya muncul pertanyaan umum yang diajukan adalah mengapa konsentrasi nitrogen dioksida (NO2 ) selalu sangat rendah dan mengukurnya dianggap bermanfaat?

Untuk menyoroti pentingnya pemantauan zat ini, artikel ini akan menjelaskan dari mana polutan ini berasal dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan dan lingkungan kita.

Apakah NO2 itu ?

NOadalah gas coklat kemerahan yang dipancarkan dari semua mesin pembakaran. Ada dua senyawa berbasis nitrogen utama yang dipancarkan dari mesin pembakaran: NO2 dan nitrit oksida (NO). Secara kolektif dua polutan ini disebut sebagai NOx atau oksida nitrogen.

  • NO2 : Nitrogen Dioksida
  • NO  : Nitit Oksida
  • NOx : Oksida Nitrogen = {NO2 + NO}
Siklus Sederhana NO dan NO2 [Credit: aqicn.org]

Siklus NO2

Pada titik emisi (yaitu pipa knalpot), proporsi NOx sekitar 90% NO dan 10% NO2.




Setelah beberapa jam di atmosfer dan dengan adanya senyawa organik yang mudah menguap (VOC : Volatile organic compounds) NO diubah menjadi NO2. Reaksi ini bisa terjadi selama beberapa detik sampai beberapa jam.

NO2 bereaksi lebih jauh dengan zat lain di udara untuk membentuk asam nitrat (HNO3), partikel dan zat yang disebut PAN (peroxyacyl nitrat).

Juga dengan efek sinar matahari NOdapat dikonversi kembali menjadi NO dan menghasilkan ozon (O3) sebagai polutan samping. Karena potensi NO2 untuk menghasilkan polutan “sekunder” ini penting untuk memantau dan mengatur NO2 .

Bagaimana dampak NO2 terhadap saya?

Paparan jangka pendek dan jangka panjang terhadap NO2 dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah pernafasan. Orang yang memiliki penyakit asma, baik anak kecil maupun orang dewasa memiliki sensitivitas yang meningkat terhadap efeknya. Polutan sekunder yang disebabkan oleh adanya NO2 di atmosfer juga memiliki efek buruk tersendiri. PANs bersifat iritasi, asam nitrat yang menyebabkan hujan asam, partikulat dan O3 menyebabkan masalah pernafasan.

Siapa dan apa yang memancarkan NOx ?

Seperti disebutkan sebelumnya, emisi NOx berasal dari mesin pembakaran. Tapi yang terjadi di mesin ini adalah reaksi hidrokarbon suhu tinggi pada bahan bakar fosil dengan udara (yaitu 80% nitrogen). Ada juga sumber alami emisi NOx seperti kebakaran hutan akibat petir, tetapi sebagian besar dari NO2 di atmosfer disebabkan oleh aktivitas manusia.Ada banyak industri yang berbeda yang mengeluarkan NOx. “Sumber bergerak” yaitu kendaraan di jalan, kapal, pesawat terbang, kendaraan pertanian dll, yang dominan sebagai penyumbang terbesar. Di Amerika Serikat dan Eropa, kendaraan darat merupakan tipe utama ‘sumber bergerak’ dari NOx. Di daerah di mana kendaraan merupakan sumber utama NOx, seringkali ada konsentrasi NO2 yang lebih tinggi pada waktu lalu lintas puncak seperti sekitar jam 5 sore pada hari kerja yang ditunjukkan dengan NO2 AQI (air quality index) di bawah ini. Beberapa catatan menarik sebagai tambahan:

  • Konsentrasi ozon (O3 ) meningkat pada siang hari sementara konsentrasi NO2 menurun. Itu karena NO2 berubah menjadi NOx di karenakan sinar matahari.
  • Setelah jam 6 sore, konsentrasi NO2 terbentuk karena tidak ada sinar matahari untuk mengubah NO2 menjadi NO.
Di China, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa sumber industri adalah penghasil terbesar (34% dari total) penghasil NOx. Inilah sebabnya mengapa tidak ada hubungan yang kuat antara konsentrasi NO2 dan jam sibuk lalu lintas.

Mengapa konsentrasi NO2 begitu rendah?

NO2 AQI biasanya berada dalam kisaran ‘Bagus’ dan tampak hijau, karena NO2 telah diubah menjadi polutan lain yang memiliki efek negatifnya sendiri maka NO2 di atmosfer masih berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan kita.