BAGIKAN

Musim flu tahun ini adalah yang paling parah yang pernah kita lihat dalam beberapa tahun ini. Ke depan, kita mungkin bisa mencegah penyebaran virus dari orang ke orang menggunakan obat baru yang cepat.

Musim flu tahun ini dikatakan paling banyak dicatat, menyebabkan lebih dari 17.000 orang rawat inap sejak Oktober 2017, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Kini, seorang produsen obat Jepang mengklaim telah mengembangkan pil yang mampu membunuh virus hanya dalam satu hari.

Pasien flu Jepang dan Amerika yang mengambil bagian dalam percobaan pil Shionogi & Co baru-baru ini dikatakan telah membunuh virus tersebut dari tubuh mereka dalam waktu sekitar 24 jam. Sebagai perbandingan, obat Tamiflu yang populer yang diproduksi oleh kelompok Roche ditemukan memakan waktu tiga kali lebih lama.

Senyawa Shionogi dan Tamiflu mengambil sekitar waktu yang sama untuk sepenuhnya mengandung gejala flu, namun yang pertama segera memberikan bantuan lebih cepat. Terlebih lagi, produsennya mengatakan, hanya memerlukan dosis tunggal agar efektif, sedangkan Tamiflu harus diminum dua kali sehari selama lima hari.

Perusahaan Jepang membangun obat anti-HIV untuk menghasilkan obat yang berbeda dengan obat flu lainnya. Virus ini bekerja dengan cara membajak sel manusia dan memaksa mereka untuk memproduksi bahan virus daripada protein, yang biasanya menyebarkan virus ke seluruh tubuh. Sementara perawatan yang tersedia saat ini menghentikan virus keluar dari sel dan penyebaran yang terinfeksi, metode Shionogi mencegah agar bahan virus tidak diproduksi.

[via wikimedia]

Penelitian tentang metode melawan virus influenza biasanya berkonsentrasi pada peningkatan vaksin yang sudah ada, dan kemudian mengembangkan pengobatan baru. Namun, proyek ini bisa menjadi langkah maju yang penting dalam memerangi flu yang sedang berlangsung, karena membunuh virus secepat mungkin dapat mengurangi risiko individu yang terinfeksi untuk menyebarkannya.

Menurut Wall Street Journal, Shionogi mengatakan bahwa otoritas pengawas Jepang untuk obat-obatan adalah cepat -pelacakan persetujuan untuk pengobatan, dan perusahaan dapat memiliki izin untuk bergerak maju pada awal Maret. Sebuah aplikasi untuk persetujuan AS akan diajukan selama musim panas, meskipun tanggapannya tidak diharapkan sampai 2019.

VIAANI
SUMBERFuturism
BAGIKAN