BAGIKAN
pixabay.com

Arsitektur modern memiliki sesuatu untuk semua orang. Bahkan jika selera Anda mungkin mengarah ke sisi berlawanan dari spektrum desain  – masih banyak elemen desain modern yang akan menarik bagi Anda.

Prinsip dasar dari arsitektur modern adalah resik dan simple. Secara ringkas bahwa setiap bentuk memiliki fungsinya. Oleh karena itu, arsitek modern mengekspresikan diri mereka melalui kesederhanaan, pandangan yang jelas tentang elemen struktural dan dengan menghindari detail desain yang tidak perlu.

Arsitektur modern menawarkan struktur aktual dan bahan yang digunakan di bangunan tersebut dan menutupinya dengan desain hiasan. Itulah sebabnya sebagian besar desain modern menampilkan elemen kayu, baja dan kaca, untuk memamerkan bahan struktural industri ini.

Apa Yang Mendefinisikan Arsitektur Modern?

Istilah modern dan kontemporer – telah bercampur aduk di dunia desain, berakibat sedikit kebingungan. Semacam kebingungan yang menuntun kita untuk bertanya kembali: Apakah arsitektur / desain kontemporer sama dengan arsitektur / desain modern? Jawabannya tidak, dan sedikit ya. Secara harfiah, kontemporer berarti sekarang, sementara modern mengacu pada perkembangan teknologi dan teknik yang berasal dari pergantian abad ke-20.

Untuk membuatnya tetap sederhana, arsitektur modern lebih berfokus pada logam industri seperti baja, beton dan kaca (perkembangan industri yang inovatif pada masa itu). Sementara desain kontemporer dapat menggunakan elemen ini yang sama, desainnya dianggap baru, dipikirkan ulang, atau dipikirkan di depan. Masih bingung? Dengan semua yang dikatakan, kedua desain akan selalu bercampur dan berbaur satu sama lain-bahkan dalam gambar dalam artikel ini.

Secara keseluruhan, arsitektur modern didefinisikan oleh garis tegas dan interior minimalis yang memungkinkan struktur berbicara sendiri dan berada di tengah panggung. Gambar di bawah ini adalah contoh sempurna dari arsitektur modern yang resik dan sederhana.


Rumah modern yang bersih dan minimalis. Sumber Gambar: Design Unity

Meskipun gaya sederhana yang menghindari detail tambahan, arsitektur modern tetap unik. Sebenarnya, arsitek modern telah menciptakan beberapa desain paling unik sampai saat ini. Lihat saja desain Frank Lloyd Wright dan banyak arsitek ikon lainnya.

Ya, beberapa desain modern ini mungkin memiliki atap datar dan bergaya kotak, namun pastinya bisa menjadi sesuatu yang membosankan. Lihatlah ke sekeliling jalan dan lingkungan kota Anda -desain arsitektur mana yang paling menonjol bagi Anda? Rumah yang paling unik dipastikan adalah desain modern, atau desain tradisional yang cenderung meniru satu sama lain baris demi baris? Arsitektur modern bukan sekedar cetakan kue yang bisa dipakai berulang – ulang dengan menghasilkan bentuk kue yang serupa.

Dengan desain seperti ini, bagaimana mungkin Anda tidak menyukai arsitektur modern? Sumber Gambar: Eskuche

Palet yang tertahan dalam arsitektur modern

Singkat tapi padat menjadi gagasan dalam mendekorasi rumah modern. Lagi pula, mengapa Anda ingin menyembunyikan semua detail desain arsitektur yang mengagumkan dengan menghiasinya  banyak ornamen ekstra? Desain ini dimaksudkan untuk berbicara sendiri, membuat pernyataan sendiri melalui struktur dan fungsinya.

Pada gambar di bawah ini Anda bisa melihat bahwa dekorasi interior rumah ini tetap sederhana, resik dan alami. Perabotan menampilkan elemen baja dan kayu, dan digabungkan untuk membantu menyoroti pahlawan sejati-arsitekturnya. Semuanya tetap sederhana sehingga cetak biru rumah dan bahan yang digunakan dalam desainnya diijinkan untuk tampil di panggung.



Ini bukan untuk mengatakan bahwa rumah modern tidak bisa memiliki warna atau karakter tambahan melalui dekorasi. Hanya saja hal itu perlu dilakukan dengan cara yang menambahkan arsitektur daripada menghilangkannya.

Dekorasi rumah modern yang terkendali memungkinkan arsitekturnya menjadi hidup dan berada di tengah panggung. Sumber Gambar: Drewett Works

Kehangatan dalam Arsitektur Modern

Sebuah kesalahpahaman bahwa kritik sering dilontarkan pada arsitektur modern adalah dingin dan kaku. Namun, sebaliknya bisa dibantah. Sejumlah besar desain modern menampilkan elemen yang secara alami hangat dan menawan, seperti kayu dan batu.

Perapian batu dari lantai ke langit-langit, jendela besar yang membiarkan cahaya alami dan tiang berkubah dan langit-langit balok – apa yang bisa menambahkan lebih banyak karakter dan kehangatan daripada fitur luar biasa modern ini? Sementara polanya mungkin linier, bersih dan rapi – pasti ada kehangatan yang bisa ditemukan di arsitektur modern.

Juga, kebanyakan bangunan modern mengandung lebih sedikit dinding, sehingga menciptakan ruang tamu yang lebih ramah dan terbuka yang paling didambakan orang.

Campuran Arsitektur Tradisional dan Modern

Mereka bisa berjalan beriringan. Mengabungkan elemen arsitektur tradisional dan modern berhasil dengan baik bila dilakukan dengan benar dan dengan sedikit pengekangan.




Ada banyak contoh keberhasilan pemasangan dua gaya yang tampaknya berlawanan ini menjadi satu desain yang kohesif. Lihatlah gambar di bawah ini – ini adalah ilustrasi teladan tentang persatuan modern dan tradisional. Campuran dari cedar shingles dengan elemen struktur modern menciptakan rumah yang sangat unik dan menarik.

Arsitektur tradisional dan modern berjalan dengan baik. Sumber Gambar: lda-



VIAaum
SUMBERfreshome
BAGIKAN