BAGIKAN

Upaya untuk penyerapan karbondioksia dari lingkungan mejadi sangat penting dalam menanggulangi perubahan iklim dan menjaga kenaikan suhu di bawah dua derajat Celsius, menurut Climeworks yang berbasis di Swiss. Selama beberapa tahun hingga sekarang mereka telah mengerjakan teknologi untuk menyedot karbondioksida (CO2) dari udara dan menjualnya kepada industri pertanian atau sebagai energi yang dapat dimanfaatkan kembali. Dan kini, akhirnya mereka telah mencapai pada produk akhir – pabrik Direct Air Capture (DAC) komersial pertama di dunia yang dibangun  di atas fasilitas pengolahan limbah di Zurich, Swiss.

Metode untuk mengubah CO2 menjadi bahan bakar yang dapat digunakan  diawali dengan menangkap udara dan mengikat CO2 melalui saringan, di mana CO2 akan tetap tertahan sampai dipanaskan. Saringan kemudian dipanaskan sampai 100 derajat Celcius, sehigga  menghasilkan gas CO2 murni yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan industri, termasuk soda karbonasi, bahan bakar sintetis, dan untuk tanaman yang ditumbuhkembangkan di dalam rumah kaca.

Pada gambar di atas menggambarkan sebuah fasilitas pengolahan limbah di kota Zurich, Climeworks, dengan instalasi pabrik DAC.  Yang terdiri dari tiga buah kontainer-pengiriman yang bertumpuk dengan enam kolektor karbon. Beberapa kipas  yang terpasang menghisap udara ambien menuju kolektor, dan filternya menyerap CO2. Limbah panas yang dihasilkan akan memberi tenaga pada pabrik . Selanjutnya, Climeworks mengirim CO2 yang tertangkap kepada rumah kaca – setiap tahun mereka bisa memasok 900 metrik ton. Mereka  secara kontinu dapat memasok CO2 ke rumah kaca melalui pipa jalur bawah tanah.

Dalam sebuah pernyataan, managing director dan co-founder Christoph Gebald mengatakan, “Teknologi emisi negatif yang sangat terukur menjadi sangat penting jika target kita tetap berada di bawah  2 dearajat Celcius sebagaimana yang telah ditetapkan oleh masyarakat internasional.”

Kontainer-pengiriman beserta kolektor CO2-nya

Dan CO2 sebagai salah satu limbah emisi yang dihasilkan tidak akan menjadi sia-sia belaka. Rumah kaca bukanlah satu-satunya entitas yang bisa memanfaatkan CO2; Bisa juga dimanfaatkan oleh pabrik minuman karbonasi atau menjadi karbon-netral pada industri bahan bakar hidrokarbon . Industri otomotif dan makanan bisa mendapatkan keuntungan dari penangkapan CO2 yang dilakukan oleh Climewors.

Pencapaian utamanya adalah untuk dapat menyerap satu persen dari jumlah semua emisi karbon di dunia hingga tahun 2025. Untuk melakukan hal tersebut, co-founder dan sutradara Jan Wurzbacher memperkirakan bahwa mereka perlu memasang 750.000 kontainer-pengirim yang diisi oleh kolektor C02. Dia mengatakan bahwa sejumlah kontainer pengiriman  yang serupa mampu melewati pelabuhan di Shanghai bisa dilakukan dalam periode selama  dua minggu, sehingga target ekonomi global mampu ditangani. Climeworks mengatakan pabrik-modular mereka bisa diterapkan di mana saja.

1 KOMENTAR